Pages

Thursday, 11 April 2013

IBD Manusia dan Penderitaan

Pengertian Penderitaan

Pengertian Penderitaan

            Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansakrta dhra yang artinya menahanatau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
            Penderiaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada pula yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi oran lain. Dapat juga suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.

Contoh :
Seseorang yang sedang sakit dan tidak kunjung sembuh, maka orang tersebut bisa dikatakan sedang mendapat penderitaan secara Fisik dan cara untuk mengatasi penderitaan tsb hanya dengan Pengobaan Medis.


Siksaan

Pengertian Siksaan

            Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbullah pendertaan
            Siksaan ang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari banyak terjadi dan banyak dibaca di berbagai media massa. Bahkan kadang-kadang ditulis dihalaman pertama dengan judul huruf besar, dan kadang-kadang disertai gambar si korban.
Phobia

            Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. Bla rasa takut itu dibesar-besarkan yang tidak pada tempatnya, maka disebut sebagai Phobia. pada umumnya orang memiliki satu atau lebih phobia ringan seperti takut Pada tikus, ular, serangga dan lain sebagainya. 


Siksaan yang sifatnya psikis

1). Kebimbangan dialami oleh sesorang bila ia pada suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil. Misalnya pada suatu saat apakah seseorang yang bimbang itu pergi atau tidak, siapakah dari kawananya yang akan dijadikan pacar tetapnya. Akibat dari kebimbangan seeseorang berada dalam keadaan yang tidak menentu, sehingga ia merasa tersiksa dalam hidupnya saat itu.bagi orang yang lemah berpikirnya, masalah kebimbangan akan lama dialami, sehingga siksaan itu berkepanjangan. Tetapi bagi orang yang cepat berpikirnya ia akan cepat mengambil suatu keputusan, sehingga kebimbangan akan cepat dapat diatasi.

2). Kesepian dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walaupun ia dalam lingkungan orang ramai. Kesepian ini tidak boleh dicampur adukkan dengan keadaan sepi seperti yang dialami oleh petapa atau biarawan yang tinggalnya ditempat yang sepi. Tempat merak memang sepi, tetapi hati mereka tidak sepi. Kesepian juga merupakan salah satu wujud dari siksaan yang dapat dialamioleh seseorang.

3). Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan sesorang mengalami siksaan batin. Orang ketakutan itu sedemikian hebatnya sehingga sangat mengganggu. Seperti pada kesepian, ketakutan dapat juga timbul atau dialami seseorang walaupun lingkunganya ramai, sebab ketakutan merupakan hal yang sifatnya psikis.


Penyebab Seseorang Mengalami Ketakutan :

a). Claustrophobia dan agoraphobia
Claustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup. Agoraphobia adalah ketakutan yang disebabkan seseorang berada di tempat terbuka.

b). Gamang
merupakan ketakutan bila seseorang di tempat yang tinggi. Hal ini disebabkan, karena ia takut akibat berada di tempat yang tinggi. Misalnya seseorang harus melewati jembatan yang sempit, sedangkan dibawahnya air yang mengalir, atau seseorang takut meniti dinding tembok dibawahnya.

c). Kegelapan
merupakan suatu ketakutan seseorang bila ia berada di tempat yang gelap sebab dalam pikirannya dalam kegelapan demikian akan muncul sesuatu yang ditakuti, misalnya setan, pencuri. Orang yang demikian menghendaki agar ruangan tempat tidur selalu dinyalakan lampu terang.

d). Kesakitan
merupakan ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami, seseorang yang takut diinjeksi sudah berteriak-teriak sebelum jarus injeksi ditusukkan ke dalam tubuhnya. Hal itu disebabkan karena dalam pikirannya semuannya akan menimbulkan kesakitan.

e). Kegagalan merupakan ketakutan seseorang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami kegagalan. Seseorang yang patah hati tidak mudah untuk bercinta kembali, karena takut dalam percintaan berikutnya juga akan terjadi kegagalan. Trauma yang pernah dialaminya telah menjadikan dirinya ketakutan kalau sampai terulang lagi.


1 comment:



  1. Kepedulian Kepada Sesama

    Sudah Banyak Kita Melihat
    Tapi Semua Terasa Sirna
    Sudah Banyak Kita Mengerti
    Tapi Sedikit Yang Kita Pahami

    Kemilau Harta Melimpah Ruah
    Justru Hati Kian Gelisah
    Hanya Orang Suka Bersedekah
    Hidup Jadi Makin Barokah

    Harta Hanyalah Titipan
    Pada Saatnya Pasti Dikembalikan
    Mengapa Tidak Dikeluarkan
    Agar Hidup Terselamatkan


    <<=0=>>

    Bank DKI => Kode : 111
    No Rek : 50323030085
    a/n : Setiawan Budiarto

    ReplyDelete