Pages

Sunday, 21 October 2012

Pengalaman saya mendaftar di STPI Curug

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
STPI CURUG

      Ngomong-ngomong soal sekolah ini, saya pernah lho mendaftar dan mengikuti Tes-tes nya .
Pendaftaran STPI di buka pada bulan 13 Februari s/d 25 juni 2012 di Website resmi STPI - Curug, tetapi STPI kemudian melakukan perpanjangan masa pendaftaran menjadi 28 juni 2012.
untuk pendaftaran saya hanya membayar uang sebesar Rp. 75.000 yg di kirim ke Rek STPI, setelah itu saya harus mengirimkan sebuah Email disertai dengan bukti pembayaran pendaftaran, nama, jurusan yg dipilih dll.
 kemudian tiga hari setelah itu, saya mendapat Email balasan dari STPI, yg isinya Kartu Peserta, yg nanti harus di isi, Print, dan di tempel Foto ukuran 4x6 background Merah .

pada tanggal 21 juni 2012 saya dan widdy teman saya, pergi ke STPI untuk melakukan vertifikasi. kami diharuskan membawa copy bukti pembayaran, dan kartu peserta yang sudah di tempelkan foto, nanti Kartiu peserta kita akan di stempel dan di gunting, satu untuk panitia STPI dan satu lagi untuk saya mengikuti Tes.

Tanggal 28 Juni 2012, kami berdua pagi-pagi harus berangkat untuk mengikuti Tes Potensi Akademik sampai-sampai pada malam itu kami mengadakan belajar bersama #bukannya istirahat ya . hehe. . .
kami berangkat pukul 05.00 karena jarak rumah saya di kawasan cibubur ke STPI cukup jauh, kami sampai di STPI pukul 07.00 dan sesampainya di sana, ternyata Banyak sekali peserta lain yg mengikuti tes tersebut, Sekitar 2000 orang lebih yang mengikuti Tes Potensi akademik, dan kami mengikuti Tes tersebut di sebuah Hanggar, secara bersama-sama, kami disarankan untuk membawa Pensil 2B, Penghapus, Papan jalan, Pulpen,Kartu peserta.
di Tes Potensi Akademik soal terdiri dari MATAMATIKA, FISIKA, BAHASA INGGRIS dan TES BAKAT SKOLASTIK, tes pun dimulai pada pukul 08.30, dan di sesi pertama kami harus menyelesaikan 30 Soal Matamatika, Fisika, dan Bahasa Inggris dalam waktu Tiga Jam (kalo gak salah).
setelah itu kami mendapat istirahat sekitar 15 Menit dari panitia dan kemudian melanjutkan ke sesi kedua yaitu Tes Bakat Skolastik, saya lupa berapa jumlah soalnya dan untuk  Tes ini harus diselesaikan dalam waktu Dua jam..
Tes ini lah yang paling menguras otak, saran saya sih Pelajari lagi pelajaran di atas, dan sayangnya untuk lembar soal tes tersebut tidak boleh di bawa pulang, jadi maaf yahh ga bisa bagi-bagi contoh soalnya .
untuk Tes Bakat Skolastik lumayan mudah kok, kaya Sinonim, Antonim, Padanan kata, Analogi, deret huruf, Kuantitatif dan lain-lain, cari aja di Mbah Gooogle, ada kok.

10 Juli 2012, itulah dimana hari pengumuan Tes Potensi Akademik, pagi setalah saya bangun saya langsung menghidupkan komputer, tanpa cuci muka dulu haha. . . #jorok yahh
Setelah saya membuka Website STPI di sana belum terlihat adanya pengumuman apapun, saya Check lagi di siang dan sore hari tetp saja belum ada, malahan Website nya tidak bisa di buka sama sekali, Semakin penasaran saja jadinya, kemudian di malam hari, tepatnya pukul 22.00 saya buka websitenya dan ternyata....... (jeng..jeng...jeng...) nama saya pun tercantum :D  Betapa bahagianya saya.., kemudian saya pun mencari nama teman saya, yg ternyata tidak ada di daftar itu :( saya jadi ikut sedih, padahal dia lebih pintar dari saya, jujur saja pada waktu mengikuti Tes Potensi Akademik  sekitar 40 Soal saya kerjakan dengan asal hahahaha. . .. . . (Lucky Man)

Tanggal 12 Juli 2012 saya diharuskan mengambil  Surat Pengantar Tes Tahap II di gedung serbaguna STPI tetapi sebelum saya mengambil surat itu saya harus membayar uang sebesar Rp. 400.000  yang saya transfer ke Kopeg Diklat perhubungan udara Curug dengan rincian
- Tes kesemaptaan : Rp.   50.000
- Psikotes               : Rp. 150.000
- Tes Wawancara   : Rp. 200.000
saya diharuskan membawa  Tanda Peserta, Bukti Pembayaran tes tahap II, Foto 4x6 Background merah 4 Lembar.

Tanggal 14 Juli 2012 saya harus mengikuti Tes Psikotes bersama seluruh peserta lainya yang penerbang maupun Non penerbang, saya di haruskan datang pukul 07.30, Perlengkapan yang harus di bawa yaitu Kartu peserta, pensil HB, Pensil 2B, Pulpen, Penghapus, papan jalan.
kali ini saya mengikuti tes bukan di sebuah hanggar, tetapi di sebuah kelas. kali ini saya mengikuti  Tes Psikotes yaitu dari Universitas Indonesia  (UI), dan ada pula beberapa kaka taruna yang di tugaskan untuk mengawasi tes tersebut, gilaaaaa........
tes nya ada yang susah, ada pula yang gampang, tapi di sini waktu sangat menipis sekali, waktu di kendalikan oleh panitia dari UI, jadi kalo dia bilang ganti yaa ganti, tes ini ber ratus-ratus soal lhoo guy's.
di tes Psikotes hampir sama dengan tes bakat skolastik, tp lebih banyakan Tes psikotes, seperti tes Pauli,deret angka,penalaran logis dan analistis, analogi, potongan gambar, terus kita di suruh ngegambar orang utuh gtu (hayooo lhoo, bakat waktu TK dikeluarin lg), Tes tersebut berjalan kira-kira 4 Jam an.
kan saya waktu itu duduk disamping cewe, yg kebetulan kaka tarunannya suka godain gtu, nah saya sama si cewe itu nanya-nanya deh ama si kaka taruna, dan kaka taruna pun menyarankan untuk menggambar orang yang km kenal, orang yang berhubungan dengan pesawat, gtu-gtu dehh..
dan saya saranin pula bagi yg mau mengikuti Tes Psikotes Baca Buku Psikotes sampe tuntas dulu.

Tanggal 16 juli 2012 Kelompok saya mengikuti Tes Kesemaptaan, Perlengkapan yang harus kami bawa yaitu Kartu peserta, pakaian olahraga, Sepatu. saya berangkat pagi-pagi sekali saat itu, dan alhamdulilah tidak terkena macet karena Pukul 08.00 saya harus sudah di lapangan, tetapi saat itu saya belum tau dimana lapangan sepak bola STPI berada, jadi muter-muter STPI dahh tuhh, tapi akhirnya mah ketemu juga, saya langsung mengganti pakaian dan memakai sepatu olahraga.
kemudian semua peserta berbaris dan di bagi kelompok lagi, setiap kelompok terdiri dari 20 orang, Sebelum menjalani Tes kami melakukan Pemanasan Terlebih dahulu.
di Tes Kesemaptaan Tes pertama yaitu Tes Lari mengelilingi lapangan sepakbola 3 kali putaran, dengan waktu sebagai penilaiannya, alhamdulilah saya di posisi kelima saat itu.
kemudian Tes Pull Up, panitia bilang maksimal 20 kali dalam waktu 1 menit, pull up tangan kedepan dengan dagu harus melewati tiang baru akan dihitung, saya hanya mendapatkan 8 kali, jangan meremehkan yahh, adapula yang tidak bisa naik sama sekali lhoo.
lalu Push Up kami berbaris sepuluh-sepuluh berhadapan lalu sepuluh orang push up dan yang lainnya menghitung. Push Up disini dalam satu menit, tidak di sebutkan minimal berapa kali, pada waktu itu saya hanya mendapatkan 41 kali.
dilanjutkan dengan seat up yang dalam satu menit entah berapa kali, tapi saya hanya mampu 32 kali saja.
Tes berikutnya yaitu shuttel run (lari membentuk angka delapan) ada dua tiang kayu kemudian kita lari 3 kali membentuk angka delapan, ingat jangan sampai menabrak tiang dan salah berbelok, kecepatan di sini sangat menemtukan, waktu saya intip mah saya mendapat 18 detik koma berapa gtu.
Setelah semua tes selesai Baru dah kita di beri Air minum, oya saran saya latihan dari jauh-jauh hari, buang air kecil/besar dahulu sebelum tes, jangan banyak minum sebelum menjalani tes, Baris di paling kiri, karena yg di dahulukan adalah kelompok paling kira lagian juga kan enak adem :P hehe. . .

Tanggal 18 Juli 2012 Kelompok 3 mendapat giliran pagi, saya langsung menuju ke Gedung serbaguna STPI dan kemudian saya lihat di tembok ada sebuah pengumuman, peserta tes wawancara harus membawa SKHUN, IJAZAH,  SKCK,  Kartu Peserta, Surat Keterangan Belum Menikah,  beserta fotocopyan nya,.
nah saat itu saya tidak membawa Surat Keterangan Belum Menikah, jadi agak cemas juga.
kemudian kami dibagiin selembar kertas untuk kemudian di isi, kemudian kami pun mengumpulkan kartu peserta kami, yang kemudian di panggil satu-persatu.
menunggu dari pagi dan di panggilnya siang hari -,-" . kemudian saya masuk ke gedung serbaguna  dan seorang panitia menyuruh saya membawa kertas yg di isi tadi beserta kartu peserta saya ke meja pewawancara. saya berjalan tegap mendekati lalu saya bilang "pak,bu saya ingin melakukan wawancara" lalu kata bapak-bapak itu "km balik badan kemudian tunggu di sana", yasudah saya balikan badan kemudian menunggu mereka mengobrol terlebih dahulu, sekitar 5 menit saya berdiri kemudian bpk-bpk itu menyuruh duduk, lalu ibu-ibu mengajukan beberapa pertanyaan Seperti :
kamu dari sekolah mana ? kenapa km milih pilot ? kamu lahir dimana? tinggal dimana? di keluarga km ada yg bekerja di penerbangan apa tidak ? kenapa pesawat bisa terbang ? siapa yg memotifasi km jadi pilot? hukum Newton apa saja ? jika km tidak diterima disini ? dan masih banyak lagi tapi lupa
terus saya di suruh menggambar peta indonesia, beserta arah mata angin, kemudian bertanya letak kota-kota, sudut mata angin, menjelaskan tentang sekolah mu menggunakan bahas inggris, kemudian ibu-ibu tadi memberikan rincian biaya jika sekolah di STPI yang sampai 49 Jt.>.< #langsung ngangga saya
seorang mantan alumni STPI menyarankan untuk berbahasa inggris secara lancar, menjawab semua pertanyan yg di ajukan, jangan plin-plan, jgn sok tahu, kalo gak tahu yaa bilang gak tahu.
yaaa syukur alhamdulilah sii hanya beberapa pertannyaan yg saya bilang gak tau :(

Tanggal 05 September 2012 saya mengunjungi website STPI dan ternyata sudah ada informasi tentang Tes Kesehatan, sebenarnya pengumuman ini sudah ada dari tanggal 03 September 2012 dan Tes Kesehatnnya pun Sudah di mulai dari tadi pagi,pembagian jadwal sesuai dengan No Seleksi, kebetulan saya Tes pada tanggal 10 dan 11 September  2012 tapi sebelum saya mengikuti Tes Kesehatan, saya datang ke STPI terlebihdahulu pada tanggal 07 September 2012 untuk mengambil Surat Pengantar .
kemudian pada tanggal 10 September saya pergi ke Balai Kesehatan Penerbangan yang bertempat di Jl. Kota bandar baru kemayoran Blok B II No. K.4 Jakarta  Dengan berpakaian Hitam putih, saya sampai di Balai kesehatan pukul 08.00 Tepat, saya langsung ke lantai III dan ketika sampai disana, sudah banyak peserta lain yang sudah menunggu tapi untungnya belum dimulai :D lalu kami disuruh untuk berkumpul  kemudian menyerahkan surat pengantar dan pas Photo hitam putih ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 1 lembar. 
kemudian kami di suruh untuk mengisi form dan  melakukan Pengambilan Darah, setelah itu kami diberi tabung untuk Urine, kemudian kami menjalani pemeriksaan di lantai II, di sana Tidak hanya Peserta STPI lhoo, tapi ada pula para Pilot dan Pramugari yg sedang Tes Kesehatan juga disana.
Tes keTiga yaitu Tes Mata, hanya diperiksa Buta Warna atau tidak, Melihat Huruf & angka dari jarak jauh, kemudian ada sebuah Titik dan garis merah. lalu saya masuk ke ruangan yg berbeda, panjang kaki kita di ukur, minimal kayannya 100  Cm deh, kemudian di dpn wajah kita ada sebuah kertas dengan tulisan, pada saat di dekatkan kemudian tulisan berbayang menjadi dua kita bilang stop, ada pula tes mensejajarkan Tiang.
selanjutnya
Tes Fisik, kita membuka baju dan celana lalu kita di ukur tinggi dan berat badannya, Tekanan darah/Tensi, Detak jantung, kefokusan mata, mempunyai Riwayat penyakit apa saja. hanya itu
Tes ECG, kita disuruh buka baju lagi kemudian badan, tangan, kaki kita di tempel kabel-kabel gtu, tetapi pada saat saya belum terlihat hasilnya, jadi sebelum tes saya naik turun tangga, sampe capek dulu baru di tes lagi.
Tes Audiometri / Pendengaran , kita masuk ke sebuah Kotak kedap suara, kemudian memakai Head Shet, lalu ada suara dengan frekuensi sangat kecil, sampai besar dan kita di suruh menekan tombol jika suara terdengar.
Selanjutnya Pemeriksaan paru-paru atau foto dada/thorax, kita di suruh buka baju lagi, kemudian bilang cheeeassss.....hahaha. . .. . engga, kita disuruh tutup mata dan tarik nafas yang panjang.
terakhir yaitu Pemeriksaan Gigi, katannya sih gak bolong, tp gak tau deh gmn.
Sebelum pulang, jangan lupa bayar Administrasi dahulu Sebesar Rp. 550.000 -,-" dan mengambil kembali surat pengantar dari STPI.
oya saran saya, sebelum melakukan Tes darah, lebih baik puasa terlebih dahulu sekitar 8 - 9 jam an, jangan makan makanan berlemak, kurangi konsumsi gula, bersihin telinga, mandi dan sikat gigi yang bersih dan jangan lupa berdoa :)

Tanggal 11 September 2012, Saya berangkat ke Nussantara Medical Center Tepatnya di Gedung Granadi Lt. III jl. Hr. Rasuna Said depan kantor Departemen kesehatan, saya sampai di Nusantara Medical Center pukul 07.00, saya langsung menuju lantai III, sesampai disana ternyata sudah banyak yg menunggu.
saya pun mendapatkan No urut 12 kemudian mengisi Form dan menunggu dimulainnya Tes, seorang perawat berkata Tes nya Berlangsung selama 30 Menit, jadi saya mendapat giliran jam setengah 2 Siang,..tapi ada juga yg mendapat no urut 23, pas kita kasih tau kalo dia tes nya malem dia langsung pulang lagi.. hahaha. .. . . ..
 gilaa saya nunggu  lamaaaa bgt.... kalo teman-teman yang lain mah enak ada yang bawa laptop jd pada maen game dulu,.ada juga yang jalan-jalan dulu ke  sekitar kuningan -,-" Huff.....
Jam setengah 12 siang saya turun ke bawah untuk mencari makan dahulu, sekitar jam setengah 01 saya kembali ke atas dan yang sedang menjalani Tes no urut 09.
This is it, tiba lah waktunya gua Tes EEG, saya di suruh buka sepatu lalu tiduran, kemudian dokter dan perawat mengoles kan pasta di kepala kita dan   menempelkan kabel-kabel di kepala .
saya hanya di suruh melihat satu titik, tidak boleh bergerak, larak-lirik, kemudian dokter menyuruh saya menutup mata, dan membuka mata kembali lalu sinar lampu di atas wajah kita berkedip dari pelan ke cepet, kemudian menutup mata lagi dan lampu itu berkedip seperti tadi lagi.
tak terasa 30 menit berlalu, saya diberi handuk,shampo, dan sisir, kemudian saya membersihkan kepala dan badan saya, dan setelah itu saya membayar administrasi sebesar  Rp. 280.000, lalu saya berpamitan dengan teman-teman yang lain dan Pergi pulang.. yeeaahhh akhirnya selesai juga..
saran lagi nih, sehari sebelum Tes EEG tidak boleh mengkonsumsi obat-obatan, vitamin, suplement, tidak boleh memakai minyak rambut, tidak usah berpuasa, dan di sarankan untuk berkramas sebelum berangkat.

Hanya ini Tes-Tes yang sudah saya ikuti dan semoga saya bisa mengikuti Tes selanjutnya. Amiiiiinnnn......
Semoga saran saya bisa membantu kalian-kalian semua yang ingin mengikuti Tes dari STPI-Curug..

Pengalaman Tes Bakat Terbang 

137 comments:

  1. mau tanya, kalo ada bekas luka jahitan di dada saya, apakah akan lolos di tes kesahatan.mohon di balas untuk kejelasanya.trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu.
      tetapi pada saat tes kesehatan, ada pula dokter yg bertanya tentang riwayat penyakit yg pernah di derita dan bekas luka yg dimiliki.

      Delete
  2. trus bagaimana kalo tidak bisa pull up?? apakah akan d ganti oleh tes lain??

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bisa.
      karena kalo tidak bisa akan mengurangi kesempatan km masuk STPI

      Delete
  3. apa benar tes larinya hanya 3x putaran sepakbola??bukan lari 12 menit???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hanya 3x putaran, hanya diberi waktu beberapa menit saja.
      usahakan berada diposisi terdepan.

      Delete
    2. sekarang ente dah ktrima d stpi blm gan??
      ada gak yg gak bisa pull up, tp lolos tes??

      Delete
    3. Belum, Tanggal 7 Desember Kemarin saya baru selesai "Aptitude Test" .
      saya kurang tahu, tetapi kemarin teman satu barak saya cerita kalo dia hanya bisa pull up 1x doang, dan tetep lolos.

      Delete
  4. wah boleh tuh di share aptitude test nya, gimana aja tes nya, soalnya gw tgl 28 januari baru terbang hhe

    ReplyDelete
  5. gan gan, kalo tahun ini pendafaran itu bukanya kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang tau yahh..
      coba aja check ke www.stpicurug.ac.id
      biasanya ada di situ..

      Delete
  6. sy mau tanya, kalo ada gigi yang bolong terus ditamba.. bbisa lolos gak ya? terus, kalo ada correction lens gmana? dan gmn kalo dari IPS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lolos ko, soalnya teman saya giginya bolong terus ditambal dan kemudian lolos tes kesehatannya.
      ada ko corection lens.
      saya kurang tau, soalnya di persyaratannya, tertulis untuk penerbang sayap tetap atau putar SMA IPA dan SMK

      Delete
    2. bro kalau masalah berat badan bisa di perhitungkan tidak ?

      Delete
  7. gan mau nanya,kira2 habis berapa juta biaya untuk masuk sampai lulus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nihh saya kasih rinciannya yah..
      Pendaftaran : Rp. 75.000
      Tes Tahap II : Rp. 400.000
      Tes Kesehatan I : Rp. 550.000
      Tes Kesehatan II : Rp. 280.000
      Tes Bakat Terbang : Rp. 1.000.000
      Total : Rp. 2.305.000

      Belum uang transport + makan + Cek website + dll

      Delete
  8. trimakasih atas informasinya, tapi yang saya maksut itu biaya setelah lulus dalam tahap semua tes,kan habis itu bayar lagi untuk uang yang lain, nah kira2 itu habis berapa ? yang saya baca di forum2 itu lebih dari 40juta, nah saya pengen tau tepatnya berapa biaya yang di butuhkan untuk masux sampi lulus menjadi seorang penerbang yang sesungguhnya?
    kalo mata kira2 minus 0.5 apakah masih biasa diterima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhhh gan, saya aja belum tau ketrima apa engga.
      tp waktu tes wawancara, pewawancaranya ngasih tau kalo biaya jadi pilot 49 Juta.
      sepertinnya masih bisa ditrima deh, yg penting lolos tes Kesehatan.

      Delete
  9. biaya 49 jt itu sampai selesai kulia tdk?

    ReplyDelete
  10. Bang kalu berkacmata boleh apa gk? kalau teman abang pas saat tes ada yang pakai kacamata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada saat tes akademik sih banyak yg pake kacamata, tp untuk Tes-tes selanjutnya tidak ada..

      Delete
  11. mau Tanya dong,kan tahun 2012 bulan februari sudah dibuka,kok yang tahun ini sudah bulan maret tapi belum dibuka?
    oh ya kalau berat badan gimana?kalau agak gemuk gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya untuk bulan ini sedikit terlambat deh, tetapi biasanya pendaftaran dimulai setelah pengumuman untuk calon penerbang, dan tidak akan lama lagi kok.
      yaa kalo agak gemuk sih gak apa-apa, tp kadang yang gemuk akan tersingkir di Tes Fisik.

      Delete
  12. Hahaha, hebat2. keren deh ceritanya. ngefans dehh <3<3

    ReplyDelete
  13. bro hasil kelulusan nya kapan ??

    btw, matematika, fisika nya dasar ya ? kalau bhs inggris nya ?

    kalau yang di luar jakarta gimana dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya baca di fans page stpi sih di minggu ini.
      iyaa dasar, tp kebanyakan materi SMA. kalau bahasa inggrisnya dasar jg .
      diluar jakarta dmana nihh ?

      Delete
  14. ka biasanya alumni stpi kerjanya dimana ajasih? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg jelas di instansi penerbangan dibandara2, soalnya ayah saya alumni stpi

      Delete
  15. kak, cewek yang daftar banyak gak? trus tes bakat terbang tu kita disuruh bawa pesawat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewek yang Daftar jadi penerbang sekitar 10 orang, itu juga saya lihat waktu Tes Fisik..
      iyaa ntar terbang berdua sama Instruktur selama satu jam.

      Delete
  16. Gan,kalau ada gigi bolong tapi telat tambalnya(karena udah agak gede lobangnya),bisa gak lolos atau bisa dicabut trus ganti gigi palsu???
    Soalnya kakak aq bilang bisa,tapi aku kurang yakin makanya nanya ama kamu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik ditambal dulu sebelum tes kesehatan, soalnya dokter pasti akan menilai gigi km bolong kalo ky gtu.

      Delete
  17. Kalo buta warna udah pasti gak bisa masuk ya gan??hufft sedih dah ane gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, udah pasti gak bisa.
      gak usah sedih gan, msh banyak cita-cita lain.

      Delete
  18. Mau tanya, kalo non penerbang apa diwawancara ttg hukum fisika jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .
      tetapi tergantung dari jurusan dan pewawancaranya juga mau tanya apa.

      Delete
  19. saya mau tanya,tes kefokusan mata itu seperti apa?
    dan setau saya tahun ini stpi tidak membuka untuk jurusan penerbang,bener apa gak ?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tes kefokusan mata itu seperti melihat sebuah titik dan kemudian km harus menempatkannya titik tsb di tengah, adapula melihat sebuah benda dr jarak beberapa meter kemudian km harus mensejajarkannya.
      STPI tetap membuka untuk jurusan penerbangan, tetapi untuk tahun ini, ada kesalahan teknik dr Website Resminya, tp skrng sudah bisa melakukan pendaftaran saja.

      Delete
  20. beneran stpi membuka jurusan penerbang tahun ini ?
    soalnya kemarin sy sempat k dinas perhubungan dsana sy d kasi tau kalo stpi sdh 2 tahun trakhir tdk mmbuka jurusan penerbang
    kalo mau daftar caranya bagaimana ?
    tolong infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran..
      lahh tahun kemarin saya daftar sebagai Penerbang..
      www.sipencatar.stpicurug.ac.id

      Delete
  21. Mau nanya, kalo sekolah nya berapa lama? trus Tes matematika, fisika, b.inggris nya susah ga? kalo yang b. inggrisnya gak terlalu bagus gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo penerbang DII berarti 2 tahun.
      susah menurut gua mah..
      gak papa, gua aja gak bagus" amat B.inggrisnya

      Delete
  22. sya mau nanya, kira2 ada toleransi minusnya kak? trus brapa toleransi minusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tahu ada apa tidak..
      asalkan lolos tes kesehatan aja berarti minusnya aman

      Delete
  23. maaf gan mau tanya, agak jorok tapi. .
    pas agan tes kesehata d*bur sama skr*tum agan ga dicek sama dokternya ?
    soalnya katanya ada gituan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tes yg non penerbang sih ada kaya bgtuannya, tp waktu saya tes kesehatan di Balai Kesehatan Penerbangan sih tidak ada

      Delete
  24. kalau jurusan avicom dan jaringan gimana gan tau gg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh sorry yahh ane kurang tahu, cause baru 3 bulan juga saya di STPI

      Delete
  25. mau tanya bang, apa buat cewek ada tes pull up juga?

    ReplyDelete
  26. kak kalo punya seritifikat2 pernah juara lomba2 tertentu bakal ngaruh besar gak sih? atau bakal diprioritaskan gak sih? kalo iya harus dibawa kapan sertifikat2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin berpengaruh, bawa aja pada saat Tes Wawancara

      Delete
  27. lagi nyari info biaya kuliah di STPI...
    info bermanfaat..tanks bro!

    ReplyDelete
  28. lagi cari informasi biaya sekolah di STPI nih. anda ketrima gak di STPI ? kalo ketrima,boleh dong berbagi info :D hehe thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah ko STPI mah dibandingkan dengan Sekolah Pilot yg lain..

      Delete
  29. gan mau tanya nih.. apa sih perbedaanya D3.OPU (operasi pesawat udara) sma TMB(Tehnik mekanikal bandara)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh ane kurang tau gan, ane baru 3 bulan di STPI.
      sorry yee

      Delete
  30. terima kasih kakak, ini memotivasi saya untuk di STPI :)

    ReplyDelete
  31. kalau gigi saya ilang satu gmn?
    tlong mnt sarannya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik pasang gigi Baru, bisa tidak lolos lho karena masalah gigi doang

      Delete
  32. kalau untuk mengambil jurusan Komunikasi Penerbangan itu tesnya sama tidak dengan Jurusan yang lain.??
    tolong di jawab Min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berbeda hanya di Tes Kesehatan dan Wawancara
      untuk jurusan KP tes kesehatan di Unit Kesehatan STPI, kalau penerbang di Balai Kesehatan Penerbangan di jakarta.
      untuk wawancara tes penerbang di lakukan oleh Flight Instruktur.
      dan jurusan KP tidak ada Tes Bakat Terbang

      Delete
  33. bro mau tanya kalau soal berat badan apakah di pertimbangkan atau tidak begitu pnting ?

    ReplyDelete
  34. mas bro numpng nnya katanya klau jadi pilot kakinya harus panjang 1 m ?? apa benar

    ReplyDelete
  35. ka ada twitter ga? boleh tau usernamenya?

    ReplyDelete
  36. Saya mau tanya
    Klo kita nyerahin hasil tes toefl brpengaruh tdk dg hasilnya tes kita? Lalu stli kita dterima pkek ospek tidak? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak berpengaruh untuk Tes Akademik, tp kalau memasuki tahap wawancara sangat berpengaruh sekali.
      tidak ada ospek, hanya ada MADABINTAL dan ORMATDIRGA

      Delete
    2. Artinya hasil toefl diberikan saat tes wawancara?
      Apa ya madabintal dan ormatdirga itu? Bsa dijelaskan sesuai pengalamanan anda? Mohon bantuannya ya :) makasih :)

      Delete
    3. MADABINTAL kalo gak salah Masa Pendidikan Fisik dan Mental yg berlangsung selama 2 minggu full, dan disana kita dikenalkan dengan lingkungan STPI, LKBB, nyanyi, Olahraga terus dan dikenalkan dengan Kegiatan" selama Menjadi Taruna.

      Delete
  37. kalo ormatdirga itu apa ya? ohya terusnya ada berapa cewe yg di terima di jurusan penerbangan? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya jg kurang mengerti tentang ORMATDIRGA .
      untuk angkatan 65 ada 3 orang dan 66 juga 3 orang..

      Delete
  38. gan guaa denger denger ada beasiswa di STPI ya syaratnya apa tuh? bisa kasih penjelasa gak sola berapa biaya yang dibutuh kan jika saya mengambil jurusan CPL

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, katanya Tahun ini ada yang Beasiswa, tp gua gak tau syaratnya, mungkin aja yg nilai dan hasil Semua Tesnya Bagus.
      Kalau angkatan saya hanya 25 jt, dan kemungkinan untuk angkatan sekarang bisa kurang .

      Delete
    2. gan gua mau nanya lagi kan kelas khusus teknik penerbangan ada 9 nah dari 9 kelas itu kelas khusus untuk pilot berapa dan kuota pilot disana berapa ya ???

      Delete
    3. lo sendiri ngambil jurusan apa??? rapot s1-5 gak diftocopy emangnya ya untuk pendaftaran??? pas tahun lo ada berapa pendaftar jurusan pilot kuota yg di terima berapa???? nah menurut lu ni gan apakah mereka yang diterima jurusa cpl atau ppl itu pada pinter gak atau kaya??? tes yang paling menakutkan menurut lo apa????

      Delete
    4. gua dapet info pasti lu taulah beberapa tahun kedepan indonesia butuh pilot sampe 1k lebih nah STPI kan ada hubungan dengan pemerintah yang mau gua tanyain lagi adalah apakah tahun 2016 nanti kuota di stpi akan beertambah atau menurun


      sorry ya gua nanya mulu masalahnya gua harus nanya sama orang yang udah ngalamin gua takut gak di terima jadi harus ada planning dulu

      tolong ya pencerahanya :D

      Delete
    5. gan tes matematik yang kena apa aja? fisika? b inggris?

      Delete
    6. pada tahun kemarin kuota yang di terima 150 orang dari 2.000 peserta.
      dan untuk tahun ini juga sama 150 orang..
      gua ngambil jurusan penerbang gak ada jurusan CPL atau PPL
      yaaa Rata-rata sih ornag ber ada semua, untuk pinter sih gak terlalu.
      APTITUDE test (tes Bakat Terbang) paling gua takutin
      yaaa sama ky pelajaran SMA

      Delete
    7. kebanyakan dari 2000 peserta gak lulus pas tes apa bang??menurut lu tes yang menentukan masuk atau tidak pada saat tes apa aja ?? gua boleh minta no hp lu gak gua mau nanya lebih dari pengalaman lu???

      Delete
    8. tes Akademik, lansung tersisa 900an.
      Tes Bakat Terbang yg paling menentukan.
      sorry gak bisa

      Delete
  39. denger2 panjang kaki yang diukur minimal 100 cm ya bang?
    kalo yang dibawah 100cm gmn?apa benar2 harus diatas 100cm untuk bisa lolos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, panjang kaki harus 100 cm atau lebih, soalnya sangat berpengaruh dalam menginjak Rudder pada saat tes Bakat terbang.

      Delete
  40. Kak, ngukur panjang kaki tu dari mana smp mana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pangkal paha sampe ke bawah

      Delete
    2. Pangkal paha tu sblh mananya tulang panggul ya..

      Delete
    3. caranya km duduk di pojokan tembok yg sudutnya 90', km duduk yg tegak, lurusin kaki km, nah baru deh ukur panjang kaki km dr sudut tembok sampai telapak kaki km..

      Delete
  41. kk kalo karang gigi itu masih toleransi gak kk ?
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. masihh kok, saya aja pas tes kesehatan panyak karang giginya

      Delete
  42. IKUT NYIMAK AH KAYANYA POTENSI ADA BUATKE DEPANNYA , CITA CITA TAHUN DEPAN MAU MASUK STPI AH

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry gua ikut campur masuk stpi gak mudah dalam fisik kalo ada yang gak beres impossible untuk masuk apa lagi tes akademik satu fatal semua kenal gua saranin harus punya planning lebih dari STPI

      Delete
    2. harus tentuain juga mau jd apa di STPI, ATC kah, Pilot kah, Enggener kah..

      benerr tuhh..
      tp kalo menurut gua, harus cepat mengambil keputusan, jgn terlalu banyak mikir.

      Delete
  43. atma minta nomoer hp lu deh
    inbox d fb gua aje " adek kurniawan"

    tolong ye *pliiiiissssssss

    ReplyDelete
  44. bang pembukaan pendaftaran sipancatar jurusan penerbang biasanya bulan berapa ? bang jadi abang sempet ikut SNMPTN / SBMPTN gak ? klo abang lulus gimana kuliah abang ? thanks a bunch :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan juni/juli kalo gak salah.
      gua jg pernah kuliah , udah masuk semester 2, dan ternyata gua di terima,yaudah terpaksa Berhenti dr Univesitas itu

      Delete
  45. gan pas daftar agan umur berapa sama lulusan sma thn brp?

    ReplyDelete
  46. gan di web stpi ada bagian untuk login, nah bisa login gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kurang tau tuh bro..
      untuk Admin/Karyawan Stpi mungkin

      Delete
  47. Bro, jadi kalau misalnya gemuk tapi fisiknya kuat gak jadi masalah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gemuk nya seberapa ?
      No Problem sih, paling suruh Lari Apron tiap siang biar ga Overweight

      Delete
  48. permisi, kalo boleh tanya sama UAN susahan mana ya testnya?
    trus instruktur/gurunya ngajar pake bahasa inggris/indo ya?
    (for pilot)
    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. susahan saat Test deh menurut gua mah..
      Pake Bahasa Indo, Tapi Buku-buku nya Bahasa inggris semua -_-"

      Delete
  49. Gan kalo cewek berjilbab mau masuk stpi boleh gak tuh?

    ReplyDelete
  50. Kak, buat penerbang ada pantuhir gk ntar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada, Setelah tes bakat terbang langsung pengumuman masuk asrama

      Delete
  51. bang biaya penerbang sayap tetap berapa sampe lulus? kalo gak tau bisa gak lu kira kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk tahun ini sekitar 95 jt an sampe lulus, tp itu bayarnya bertahap

      Delete
  52. mau nanya masih ada kekerasaan gak sih di stpi ? thanks bro

    ReplyDelete
  53. Waktu Gan daftar, dan ketrima itu yang perempuan daftarnya berapa? setelah keterima yang perempuannya jadi berapa?? untuk jurusan penerbangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak, lebih 40 mah, yg lolos hanya 3 orang

      Delete
  54. Itu 49 jutanya langsung dibayar apa bertahap

    ReplyDelete
  55. Pas tes kesehatan diperiksa parises nggak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di periksa semua ko, panjang kaki, O atau X kakinya

      Delete
  56. Bang saya perokok nih, apakah berpengaruh pada saat test kesehatan dan check ronsen paru paru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga kok, minum susu aja biar ga keliatan perokoknya

      Delete
  57. Kalau ngk diterima STPI ngk usah kecewa gan.
    masih banyak sekolah pilot yg berkualitas.
    contohnya: AAA academy philipina, disekolah itu cukup mudah. cuma wajib jago b.inggris dan fisik harus baik. dan ngk pake ribet . pendidikannya singkat dibandingkan STPI dan biaya cukup lumayan sih.. tapi ngk pake kekerasan & sistem militer.. hanya 1 tahun lu bisa jadi pilot kalau lu mampu dalam proses pendidikannya.. tapi kekurangannya ngk ada kerjasama dari garuda indonesia, cuma lu bakal dapet PPL,CPL,IR,MER. kalau udh lulus pasti bakal jadi pilot. soalnya tahun ini di indonesia WAJIB bagi calon pilot harus memiliki PPL,CPL,IR,MER.
    saran gw sih.. kalau ngk diterima masih banyak sekolah pilot yang berkualitas. TAPI biayanya MAHAL dan Maksimal harus bisa B.INggris. kalau buat MTK,FISIKA ngk masalah asalkan elu bisa Hitung"an aja seperti +-/*.. cukup sekian saja (sekedar informasi). trims..

    ReplyDelete
  58. Bang kalo bisa liat warna / bedain warna , tapi pas test buta warna itu susah liat angkanya . bisa masuk gak? . Kalopun lulus test buta warnanya emang pas pendidikan banyak menyangkut warna -warna gitu?? ty

    ReplyDelete
  59. bang, kalo teknik pesawat udara di STPI biayanya berapa ya?? apa sama kaya pilot >40jt??

    ReplyDelete
  60. kalo tangannya pernah patah gimana gan? tapi masih kuat kok buat pull up.. terus mensiasati kaki x gimana apa ada terapinya?

    ReplyDelete
  61. Kak JUrusan SMKN PENERBANGAN klo Masuk DI STPI di TERIMA gha KAK?

    ReplyDelete
  62. Gan , Mau nanya nih, kalau bekas luka itu penilaian diukurnya kayak mana ya gan ?? mislnya besar ukurannya atau kecil ukurannya ,itu bagaimana ?

    ReplyDelete
  63. 49 juta sampe lulus? dapet uang saku ga? (kaya STAN) trus diasramain ga? mohon dijawab ya, makasih.

    ReplyDelete
  64. Saya mau tanya gan, tadi-kan panjang kaki minimal 100cm, itu diukur dari telapak kaki sampai pangkal paha atau gimana gan? :v

    ReplyDelete