Pages

Monday, 14 January 2013

Sosial Media dan Sosial Network

SOSIAL MEDIA

Definisi Sosial Media :
       Sosial Media adalah Sebuah Media Online yang dimana penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan membuat informasi . Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan  sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"

Jenis - jenis  Sosial Media :

  1. Collaborative projects kolaborasi proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global. Ada dua subkategori yang termasuk kedalam collaborative project dalam media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks. Wiki yang paling populer di Internet sekarang adalah Wikipedia, tetapi wiki yang digunakan lebih banyak dan lebih banyak untuk tujuan tertentu, sedangkan subkategori lainnya adalah aplikasi bookmark sosial, yang dimana memungkinkan adanya pengumpulan berbasis kelompok dan rating dari link internet atau konten media. Reddit merupakan sebuah situs di mana link dan posting dinilai oleh penggunanya sebagai contoh utama dari aspek media sosial collaborative project. Dalam kenyataannya, banyak orang-orang yang percaya terhadap apa yang telah di posting di media sosial collaborative project misalnya pada wikipedia yang dimana pada situs tersebut apa yang telah diposting dapat dirubah oleh orang lain.
  2. Blogs and microblogs atau  blog dan mikroblog merupakan aplikasi yang dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun sampai seseorang mengerti. Blog sendiri ialah sebuah website yang menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik itu sebuah opini, pengalaman, atau kegiatan sehari-hari. Sebuah blog dapat berisikan teks, gambar, dan bahkan video. Media sosial blogs and microblos ini seperti Twitter, yang dimana menjadi contoh media sosial yang sempurna dan banyak yang mempergunakannya. Apabila melihat kenyataannya, blogs and microblogs kebanyakan digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan sebuah produk atau para selebritis yang selalu update mengenai kegiatannya agar para fansnya dapat mengetahui hal-hal yang baru.
  3. Content communities atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh maupun dekat yang dimana dalam content communities ini penggunanya dapat berbagi foto, video dengan orang yang dituju. Content communities ini seperti Youtube yang dapat berbagi tentang video, Flickr dan Imgur yang dapat berbagi foto, dan bahkan slide Power Point dapat dibagiakan  di situs seperti Slideshare. Dalam kenyataannya, content communites ini digunakan oleh berbagai elemen masyarakat, perusahaan, oraganisasi, maupun orang-orang yang populer agar dapat berbagi mengenai apa yang dimiliki.
  4. Social networking sites atau situ jejaring sosial yang dimana merupakan situs yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung menggunakan profil pribadi atau akun pribadinya. Dalam profil pribadinya mencakup semua jenis informasi termasuk foto, video, file audio, dan blog. Situs jejaring sosial ini umumnya memiliki fitur seperti instant messaging dan email. Situs jejaringan sosial dapat membantu seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan.
  5. Virtual game worlds atau permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer, yang dimana ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan dunia virtual adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi menggunakan avatar pribadinya. Permainan dunia virtual ini umumnya memiliki seperangkat aturan yang ketat dan harus diikuti dalam konteks Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG). Permainan yang paling populer dalam kategori ini termasuk World of Warcraft dan EverQuest.
  6. Virtual social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata. Karena komunitas-komunitas ini seperti realitas virtual, suatu perusahaan dapat menggunakan taktik pemasaran yang serupa misalnya menggunakan uang sebagai alat untuk menjalankan aplikasi ini agar dapat bertahan hidup. Apabila kita memanfaatkannya dengan baik, maka aplikasi seprti ini dapat menjadi sumber penghasilan.

Contoh Aplikasi Sosial Media :
  

Facebook, banyak sekali pengguna internet menggunakan media sosial ini untuk melakukan komunikasi dengan teman, keluarga, rekan kerja dan mempererat hubungan dengan orang lain dengan jangkauan yang sangat luas, pengguna bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja.


Blogger/Wikipedia, adalah Media sosial yang dimana kita bisa mendapat informasi ataupun memberikan informasi kepada orang lain, kita dapat membagi artikel, photo, video, informasi yang kita buat kepada banyak orang dengan media sosial ini.



SOSIAL NETWORK


Definisi Sosial Network
        Sosial Network atau yang biasa disebut Jejaring Sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen - elemen induvidual atau organisasi. Jaringan ini menunjukan menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide,teman, keturunan, dll.

Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring Sosial lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum tersebut saja.

atau kalau mau lebih jauh, bentuk mailing list sebagai cikal bakal komunitas internet yang sudah lama digunakan.

Disebut Jejaring karena kemampuannya untuk saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan komunitas lainnya. Misalnya, kalau kita gunakan tools status di plurk.com , maka status kita dapat di distribusikan ke facebook, tumbltumblr, twitter, mutiply. Bahkan ada yang seolah-olah menjadi konsolidator semua domain komunitas sehingga fungsinya lebih praktis .

Contoh Aplikasi Sosial Network :
              Banyak sekali manfaat yang di dapatkan dalam menggunakan jejaring sosial ini, saya ambil satu contoh yaitu facebook kebanyakan pengguna internet menggunakan facebook sebagai saran untuk diskusi, bertukar informasi, sarana berkomunikasi, memper erat hubungan pertemanan dengan teman satu sekolah atau kuliah, menjalin silatuhrahmi yang sudah lama putus dengan teman atau kerabat lama, dan masih banyak lagi.
Pada saat saya duduk di kelas X SMK, saya baru mengenal apa itu facebook, yang pada saat itu beberapa teman memilikinnya, kemudian teman saya menyuruh saya agar membuat akun facebook, keesokan harinya saya  membuatnya.

dan pada saat pertama kali saya menggunakan facebook pertama kali, saya menjadi bingung dan bertanya-tanya, apaan sih ini ?, gunannya buat apa ?, manfaatnya apa ? dan setelah saya mempunyai beberapa teman sekolah dan teman sewaktu saya duduk di bangku Sekolah Dasar saya semakin mengerti apa guna dan manfaat dari jejaring sosial ini. saya menjadi dekat dengan teman-teman saya, beridiskusi dalam sebuah Group Kelas, dan berbagi sesuatu yang pernah saya lakukan dalam bentuk foto maupun video.

Kesimpulan dari hal diatas adalah Jejaring Sosial ( Social Network ) mempunyai banyak manfaat, untuk berkomunikasi, berdiskusi, berbagi dan menjalin silaturahmi dengan sanak saudara. 

Perbedaan Social Network Dengan Sosial Media

           Kerangka sarang lebah mendefinisikan bagaimana media sosial layanan fokus pada beberapa atau semua tujuh blok bangunan fungsional (identitas, percakapan, berbagi, kehadiran, hubungan, reputasi, dan kelompok). Bangunan blok tersebut membantu memahami kebutuhan pertunangan dari audiens media sosial. Sebagai contoh, pengguna LinkedIn peduli kebanyakan tentang identitas, reputasi dan hubungan, sedangkan blok utama YouTube bangunan berbagi, percakapan, kelompok dan reputasi .

             Banyak perusahaan membangun wadah sosial sendiri yang mencoba untuk menghubungkan blok bangunan tujuh fungsional sekitar merek mereka. . Ini adalah komunitas swasta yang melibatkan orang-orang di sekitar tema yang lebih sempit, seperti di sekitar panggilan tertentu, merek atau hobi, dari wadah media sosial seperti Facebook atau Google+
Sementara jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, Plurk, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.
Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita
Referensi :
1.  http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial#Situs_jejaring_sosial
2. http://afandi41808047.wordpress.com/2011/12/08/enam-jenis-media-sosial/ 
3. http://daypinasthika.wordpress.com/2012/06/08/makalah-manfaat-dan-penyalahgunaan-jejaring-sosial/
4. http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
5. Pengalaman Pribadi :P 

 

No comments:

Post a Comment