Pages

Tuesday, 11 December 2012

CARA MEMBUAT RANGKAIAN DI PCB


CARA MEMBUAT RANGKAIAN DI PCB

ini cuma catatan saya waktu masih kelas X SMK, tentang Cara pembuatan Rangkaian PCB dengan cara Modern maupun cara tradisional .. Semoga bermanfaat ... :D

            Alat dan Bahan – bahan :

-          Printed Circuit Board (PCB)
-          Fericlorida (fecl3)
-          Tinner/Bensin
-          Spidol permanent hitam
-          Kertas karbon
-          Amplas
-          Air panas
-          Gergaji besi / pemotong PCB
-          Baskom

Langkah – Langkah:

1.       Dalam langkah pertama hal yang harus dilakukan adalah Mengamplas papan PCB yg masih kosong dengan amplas yg halus, amplaslah semua bagian hingga rata.
2.       menggambar rangkaian yang kita kehendaki terlebihdahulu.
Disini kita mempunyai 2 teknik pemindahan gambar,

cara pertama  gunakan kertas karbon yang tersedia, lalu tempelkan atau satukan dengan gambar di kertas dengan posisi gambar menghadap ke atas dan kertas karbon berada di bawahnya, kemudian tempatkan gambar di atas PCB kemudian kita timpa gambar dikertas dengan pulpen atau pensil mengikuti rangkaian , setelah selesai lepaskan gambar tsb dari PCB dan disitu kita lihat bekas yang ditimbulkan kertas karbon menimbulkan gambar rangkaian, lalu kita gunakan Spidol Permanent untuk menimpa gambar itu agar disaat pelarutan gambar tidak bisa hilang oleh air, gambarlah mengikuti rangkaian tersebut.
cara ini masih sedikit kuno dan hasilnya kurang begitu bagus.

cara kedua gambar lah rangkaian di computer menggunakan Software PCB Design, Prottel dll untuk print gambar rangkaian dengan kertas calendar/almanac berwarna Putih polos, setelah dicetak tempelkan gambar tersebut ke PCB dengan posisi gambar menghadap ke lapisan tembaga PCB kemudian Setrikalah gambar tsb hingga gambar rangkaian menempel di lapisan tembaga PCB.