Pages

Wednesday, 31 October 2012

Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Light Emitting Diode ( LED )

Membuat Rangkaian Paralel dan Seri menggunakan Light Emitting Diode ( LED )

ini pengalaman saya sewaktu duduk di bangku SMK, dimana saya di ajarkan tentang pembuatan Rangkaian LED agar menjadi sebuah Huruf atau angka dengan menggunakan rangkaian Seri dan Paralel
di mana alat dan bahan - bahan nya sangat mudah di dapat dan juga terjangkau.

Gambar Rangkaian 


Alat dan Bahan Yang di Butuhkan :
  1. Papan PCB berlubang
  2. 200 buah Light Emitting Diode ( LED )
  3. Kabel secukupnya
  4. Adaptor 12 Volt DC
  5. Solder Listrik
  6. Timah untuk mematri LED
  7. Resistor 20 ohm
             Sebelum kita memulai proses Pembuatannya, saya akan menjelaskan  tentang masing-masing Rangkaian, karena setiap rangkaian ini memiliki perbedaan
Seperti Contoh saya di bawah, menyusun Led menjadi huruf  "TN" dengan rangkaian Paralel dan Seri.

Rangkaian Paralel dalam memasang LED menjadi rangkaian Paralel harus kita perhatikan Anoda dan Catoda nya, dalam rangkaian ini Semua kaki Anoda di hubungkan dengan kaki Anoda yang lainya (di lambangkan dengan Garis Merah muda ).
sedangkan untuk semua Kaki Catoda di hubungkan juga Kaki Catoda lain ( di lambangkan dengan garis Biru ).
Untuk Rangkaian Paralel hanya di butuhkan sekitar 3 s/d 7 Volt
dan jika salah satu LED yang sudah di pasang mati atau rusak maka tidak mempengaruhi LED lain ( Led lain tetap menyala )



Rangkaian Seri  Menyusun Rangkaian LED Seri hanya menghubungkan Kaki Catoda dengan Anoda Led lain sehingga terlihat seperti saling sambung - menyambung terlihat seperti gambar di bawah ( di tandai dengan garis Biru ).
Tegangan yang di butuhkan untuk menghidupkan Led Rangkaian Seri sangat besar, berkisar 12 Volt, dan ketika kita menghidupkannya dengan tegangan 12 volt, Led tersebut tidak akan menyala Rata,
misalkan pada rangkaian di bawah, maka pada bagaian huruf "T" akan menyala terang, sedangkan untu huruf "N" akan menyala sedikit redup bahkan adapula Led yang mati. ini lah kekirangan yang di miliki Rangkaian Seri pada LED.




Cara Pembuatan :

  1. Susunlah LED yang sudah kamu sediakan menjadi Huruf atau Nomor yang kamu hendaki sesuai Rangkaian di atas, susunlah kedalam PCB berlubang dengan teliti dan ingat dalam menyusun rangkaian di atas harus memperhatikan bagian Anoda dan Catodanya .
  2. setelah semua tersusun dengan rapih dan sesuai dengan keinginan lalu gunakan Solder dan timah untuk mematri Led-Led tersebut  dan juga untuk menghubungkan setiap LED dengan LED lain.
  3. jika kamu akan membuat beberapa Angka atau Nomor maka untuk menyambungkannya di gunakan kabel sebagai penghubung. untuk rangkaian paralel kabel yang di hubungkan harus sesuai dengan sumbernya, contoh ujung kaki anoda di Huruf "T" harus di sambung ke kaki Anoda Huruf "N".
    tetapi untuk rangkaian Seri hanya menyambungkan kabel dari ujung kaki Catoda "T" ke kaki Anoda "N".
  4. pasanglah Resistor pada bagian Positif  rangkaian, agar mencegah terjadinya kerusakan pada LED apabila tegangan yang di berikan terlalu besar.
  5. Setelah semua selesai Tes lah rangkaian Paralel tersebut dengan Adaptor 12 Volt DC, aturlah posisi tegangan ke 3 Volt. Amatilah nyala lampu apakah Terang atau redup, jika Redup naikan menjadi 4,5  Volt atau lebih besar lg. dan jika di dalam rangkaian terdapat salah satu LED mati cobalah untuk
    memeriksan nya terlebih dengan adaptor, dan jika LED tersebut mati, maka gantilah LED tersebut.
  6. Untuk mengetes Rangkaian Seri sama seperti di atas yaitu hubungkan kabel ositif Adaptor ke sisi Anoda yang sudah di beri Resistor dan Kutub Negatif ke Kaki Catoda, atur posisi Adaptor dari 3 s/d 12 Volt perhatikan nyala Led apakah terang sebagian atau redup.
    dan jika salah satu Led mati, maka LED di belakangnya pun akan ikut mati, jadi kamu harus memeriksa Led yang mati tersebut.

          Dalam pembuatan Rangkaian LED ini, kita bisa menghubungkannya dengan Rangkaian lain, seperti Rangkaian Lampu Flip-Flop, Running LED, dan masih banyak lagi.
semua Postingan yang ada di Blog saya ini sudah saya Coba sendiri, maka dari itu saya sertakan Video Tutorialnya juga, semoga Postingan ini Berguna dan bermanfaat..


Video Tutorial Rangkaian Paralel


Thankyou For Watching and Visit my Blog  :D

3 comments:

  1. kk kalo rangkaian pararel pakai resistor apa
    dan resistornya taruhnya di ujung saja apa setiap resistor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Pakai Resistor Tetap atau yang variable.
      taruhnya di ujung kabel yg akan berkontak langsung dgn sumber tegangan.

      Delete
  2. Bro mau nanya nih! Kalau cara menghubungkan ke rangkaian flip flop nya gmn ?
    Thx

    ReplyDelete