Pages

Saturday, 3 November 2012

Photovoltaic / Solar Cell / Panel surya

     Photovoltaik adalah sektor teknologi dan penelitian yang berhubungan dengan aplikasi panel surya untuk energi dengan mengubah energi matahari yang kemudian menjadi energi listrik.

Photovoltaik terbuat dari dua lapisan silikon, yang dimana ketika terkena sinar matahari kedua lapisan akan menghasilkan ion positif dan negatif .
Photovoltaik sudah banyak di gunakan oleh negara-negara berkembang seperti di Amerika, Jepang, India,jerman, itali, norwegia karena Pembangkit Listrik Tenaga surya ini sangat ramah lingkungan, tidak menghasilkan gas buang/ polusi, pemasangan yang tidak terlalu sulit, dan memiliki energi yang tak terbatas karena langsung dari sinar matahari.

Installasi panel surya
dalam instalasi panel surya tidak terlalu sulit, hanya kita harus memiliki sedikit pengetahuan tentang kelistrikan, dan harus mengetahui kebutuhan listrik yang setiap hari kita gunakan.
Bahan-Bahan yang harus di persiapkan :
- Panel surya susuai kebutuhan
- DC Inverter to AC
- Aki
- Kabel
- Besi

Langkah-langkah :
- Tentukan lokasi atau tempat dimana anda ingin melektakan Panel surya, carilah tempat yang terkena sinar matahari lebih lama, tanpa terhalang apapun seperti ranting,pohon,tembok atau apapun yang menghalangi sinar matahari.
atau bisa juga kita menempatkan Panel surya di Atas rumah.
- sebelum pemasangan buatlah dudukan menggunakan besi tempat panel surya itu di tempatkan, agar tidak bergerak saat ada gempa, angin dan badai.
- setelah panel surya terpasang dengan kuat kemudian hubungkan lah kabel ke aki untuk penyimpanan listrik.
perlu di ingat, listrik yang dihasilkan ini masih arus DC (Direct current) jadi belum bisa digunakan untuk menghidupkan alat elektronik seperti TV,Komputer,AC,Kulkas,Mesincuci dll.
- nah kemudian pasanglah  Inverter 220 V dengan menghubungkan nya ke aki yang kemudian baru bisa di distribusi ke semua peralatan rumah tangga.

 saya disini memiliki sebuah jenis Photovoltaik yang berukuran 5 x 3 Cm berjumlah 2 keping, yang saya dapat dari barang elektronik Pengusir Tikus.

 

Panel surya yang saya miliki ini percis seperti cermin tetapi dengan warna kecoklatan, tetapi untuk panel surya berukuran besar warnanya biru, memiliki garis-garis sel, memiliki polar-polar positif dan negatif dan tertulis juga jenis dan no di balik panel surya tersebut .

 

Di kepingan panel surya itu tertulis "QF SOLAR 5030-5L" , panel surya tersebut di hubungkan oleh kabel yang tersolder dengan panel surya,Panel surya memiliki tanda positif di sebelah kanan dan negatif di sebelah kiri.
Ketika saya melakukan Tes ke Panel surya ini di paparan sinar matahari dengan menggunakan Multimeter, saya hanya menghubungkan kabel merah ke polar positif dan hitam ke polar negatif hasilnya menunjukan hanya DC 1,5 Volt saja yang bisa dihasilkan oleh satu keping panel surya, lalu saya menghubungkannya dengan rangkaian seri dan ketika saya mengukurnya tegangan pun bertambah menjadi DC 3 Volt.

mungkin untuk selanjutnya saya ingin  mengembangkan eneegi alternatif ini, dan juga melakukan percobaan dengan Panel surya yang lebih besar lagi.


"GO GREEN INDONESIA AND STOP GLOBAL WARMING"

No comments:

Post a Comment