Aptitude Test / Tes Bakat Terbang STPI Curug
Sekian lama saya menunggu pengumuman Tes Tahap II dari STPI dan akhirnya pada tanggal 24 November 2012 Pengumuman tersebut muncul di website resmi STPI saya langsung mengunduh file PDF tersebut. dan ternyata nama saya ada dalam daftar peserta yang lolos ke Tahap III !! saya sangat tidak percaya dengan penguuman itu
Dalam pengumuman tersebut hanya ada 274 orang yang lolos,dan saya diharuskan untuk mengambil surat pengantar dan melakukan biaya administrasi untuk tes bakat terbang nanti sebesar Rp. 1 juta pada tanggal 26-27 November 2012, tetapi saya ke STPI pada tanggal 27 November nya, dan di sana saya bertemu beberapa peserta yang lolos juga. Pada saat pengambilan surat pengantar kita diharuskan membawa kartu peserta, SKHUN, Materai 6000, dan Foto bewarna 2x3 sebanyak 3 lembar.
Lalu dalam surat pengantar kita akan mengikuti Brifing Tes Bakat Terbang dan Pelaksanaan Tes Bakat terbang.
Pada saat Brifing saya mendapatkan jadwal brifing pada hari Rabu, 28 November 2012, Pukul 09.00 WIB, Pakaian yang harus digunakan yaitu Baju kemeja Putih lengan Pendek, Celana Hitam (kebiru-biruan) dan sepatu kulit/ pantopel.
sesampainnya di STPI saya harus absen dulu ke panitia dan mencari kelompok saya. untuk brifing hari itu kira-kira hanya ada 90 orang dan di bagi dalam tiga kelompok, saya masuk ke kelompo 2 saat itu. kemudian kami dan dua kelompok lainnya digiring untuk masuk ke dalam kelas. tak beberapa lama kemudian tiga orang senior angkatan 63 dan 64 masuk ke kelas kami, dua orang berpakaian kemeja putih, celana hitam kebiru-biruan dan yang satu berpakaian baju Orange pilot.
kami pun harus memperkenalkan diri satu persatu dan motivasi kalian, yang kemudian para senior tersebut akan bertanya tentang pekerjaan orangtua, tempat tinggal, apakah punya sodara yang bersekolah di STPI juga ?, punya sodara/orangtua pilot ?.
saran saya , pada saat memperkenalkan diri suara harus tegas, jangan cengar-cengir, mesam-mesem, apalagi sampe ketawa, untuk motivasi usahakanlah jangan karena cita-cita dari kecil dan yang paling penting setiap ingin menjawab pertannyaan dari Senior HARUS diawali kata SIAP!
Kemudian Para senior membagikan HandBook yang berisi Tentang Pesawat terbang, gerakan-gerakan pesawat, instrumen-instrument dalam kokpit, cara mengontrol pesawat,Checklist, Transition dll. dan Handbook tersebut memakai Bahas inggris ternyata -_-"
Para senior memberikan pengarahan tentang cara menerbangkan pesawat, Taxi, instrument, Control column, Six main item, Transition, Checklist, aturan-aturan pada saat terbang dll.
jam 12 siang kami pun mendapat istirahat untuk sholat dan makan siang yang sudah di sediakan oleh STPI.
setelah itu kami di perbolehkan untuk masuk ke dalam hanggar dan bertemu dengan senior STPI Angkatan 64 tetapi kami harus bergantian dengan kelompok satu yang sedang berada di hanggar terlebih dahulu.
Kelompok satupun selesai, kami berjalan dengan rapih ke hanggar dan di sana kami di sambut dengan meriah oleh Senior angkatan 64 yang sedang berada di hanggar, Kemudian kami mendapat sedikit pengarahan dan barang-barang yang harus dibawa saat tes bakat terbang diantarannya berpakaian rapih, tegas, tidak gugup, selalu bilang siap apapun yang instrukturkatakan. perlengkapan yang harus dibawa yaitu checklist, papan, headset, minyak wangi, kantong plastik dan air minum untuk instruktur .
lalu pukul 5 sore kami beserta 2 kelompok lain berkumpul di flop dan di berikan ijin untuk melihat pesawat dan masuk ke dalam pesawat Asalkan harus di temani oleh Senior.
sekitar 30 menit kami melihat - lihat pesawat, kokpit dan bertanya-tanya. lalu setelah itu kami pun berbaris untuk Apel sore, bergabung dengan Taruna angkatan 64 dan 65.
Tanggal 02 Desember 2012, saya kembali ke STPI lagi untuk mengikuti Tes Bakat Terbang yang di haruskan bagi setiap peserta untuk tinggal di Asrama STPI selama satu minggu.
saya bersama teman-teman saya berkumpul di depan gedung Bagian Administrasi Akademik, kami pun harus menitipkan Alat komunikasi kami ke Panitia STPI sebelum masuk kedalam lingkungan Asrama. Kami berbaris dan berjalan menuju ke gerbang asrama, kami disambut oleh Pembina ketarunaan dgn omelan yaaa maklum lah kami berjalan asal-asalan, klemar-klemer. haha. . ..
kemudian kami dipandu untuk masuk ke lingkungan asrama, suasananya cukup sepi saat itu, lalu kami memasuki kamar yang sudah di tentukan. satu kamar berisi 6 orang.
pukul 07.00 kami diberi makan malam dan beberapa info tentang STPI, Peraturan saat makan, dll.
sebelum mengambil makanan harus hormat ke Lambang STPI dulu, terus Kalau makan jgn berisik, harus Cepet, jangan ngobrol, posisi badan harus tegap dan harus habis.
Selesai Makan malam kami kembali ke Asramah kami masing-masing, kami belajar dan menghafalkan kembali checklist dan transisi. pukul 10 malam, kami diharuskan tidur .
jam 04.00 Kami harus bangun, cuci muka dan bersiap untuk Olahraga Pagi.
kalau mau Tes Bakat Terbang Bawa Sepatu olahraga, Baju dan celana training.
olahraga paginya cuma pemanasan dan push up doang ko..
setelah itu kami kembali ke asramah untuk mandi, sholat dan bersiap-siap ke Hanggar, tetapi sebelum itu kami sarapan pagi dulu pastinya.
skip => tanggal 04 Desember 2012
dua hari saya tidak mendapatkan jadwal terbang membuat saya frustasi, dan di hari rabu sesampainya kami di Hanggar, Danton kami mengumumkan beberapa orang yang akan terbang Hari ini, dan nama saya pun disebut! waduhh saya langsung panik.
saat itu saya dijadwalkan terbang saat "Rest Periode : 05.00-06.00 GMT " sekitar pukul 11.30 WIB. dengan Ka Bayu sebagai Instruktur menggunakan pesawat PK-AEC (warrior), saya langsung menghafal lagi semua transisi dan checklist . dan kemudian Danton kami mengumumkan kembali bahwa saya tidak jadi terbang saat "Rest Periode" tetapi di "Periode 5 : 06.30-07.30 GMT" sekitar jam 1 siang WIB dengan instruktur dan pesawat yg sama.
saya sangat kecewa saat itu, karena sampai matahari tenggelam pun saya tidak jadi terbang, karena Instruktur saya tidak ada. :(
saya sangat kurang menikmati untuk terbang yang kedua, saya semakin pesimis tentang Hasil STPI, saya pun kurang yakin akan pengumuman nanti, walaupun sampai sekarang belum ada pengumuman apapun dari STPI.
Dalam pengumuman tersebut hanya ada 274 orang yang lolos,dan saya diharuskan untuk mengambil surat pengantar dan melakukan biaya administrasi untuk tes bakat terbang nanti sebesar Rp. 1 juta pada tanggal 26-27 November 2012, tetapi saya ke STPI pada tanggal 27 November nya, dan di sana saya bertemu beberapa peserta yang lolos juga. Pada saat pengambilan surat pengantar kita diharuskan membawa kartu peserta, SKHUN, Materai 6000, dan Foto bewarna 2x3 sebanyak 3 lembar.
Lalu dalam surat pengantar kita akan mengikuti Brifing Tes Bakat Terbang dan Pelaksanaan Tes Bakat terbang.
Pada saat Brifing saya mendapatkan jadwal brifing pada hari Rabu, 28 November 2012, Pukul 09.00 WIB, Pakaian yang harus digunakan yaitu Baju kemeja Putih lengan Pendek, Celana Hitam (kebiru-biruan) dan sepatu kulit/ pantopel.
sesampainnya di STPI saya harus absen dulu ke panitia dan mencari kelompok saya. untuk brifing hari itu kira-kira hanya ada 90 orang dan di bagi dalam tiga kelompok, saya masuk ke kelompo 2 saat itu. kemudian kami dan dua kelompok lainnya digiring untuk masuk ke dalam kelas. tak beberapa lama kemudian tiga orang senior angkatan 63 dan 64 masuk ke kelas kami, dua orang berpakaian kemeja putih, celana hitam kebiru-biruan dan yang satu berpakaian baju Orange pilot.
kami pun harus memperkenalkan diri satu persatu dan motivasi kalian, yang kemudian para senior tersebut akan bertanya tentang pekerjaan orangtua, tempat tinggal, apakah punya sodara yang bersekolah di STPI juga ?, punya sodara/orangtua pilot ?.
saran saya , pada saat memperkenalkan diri suara harus tegas, jangan cengar-cengir, mesam-mesem, apalagi sampe ketawa, untuk motivasi usahakanlah jangan karena cita-cita dari kecil dan yang paling penting setiap ingin menjawab pertannyaan dari Senior HARUS diawali kata SIAP!
Kemudian Para senior membagikan HandBook yang berisi Tentang Pesawat terbang, gerakan-gerakan pesawat, instrumen-instrument dalam kokpit, cara mengontrol pesawat,Checklist, Transition dll. dan Handbook tersebut memakai Bahas inggris ternyata -_-"
Para senior memberikan pengarahan tentang cara menerbangkan pesawat, Taxi, instrument, Control column, Six main item, Transition, Checklist, aturan-aturan pada saat terbang dll.
jam 12 siang kami pun mendapat istirahat untuk sholat dan makan siang yang sudah di sediakan oleh STPI.
setelah itu kami di perbolehkan untuk masuk ke dalam hanggar dan bertemu dengan senior STPI Angkatan 64 tetapi kami harus bergantian dengan kelompok satu yang sedang berada di hanggar terlebih dahulu.
Kelompok satupun selesai, kami berjalan dengan rapih ke hanggar dan di sana kami di sambut dengan meriah oleh Senior angkatan 64 yang sedang berada di hanggar, Kemudian kami mendapat sedikit pengarahan dan barang-barang yang harus dibawa saat tes bakat terbang diantarannya berpakaian rapih, tegas, tidak gugup, selalu bilang siap apapun yang instrukturkatakan. perlengkapan yang harus dibawa yaitu checklist, papan, headset, minyak wangi, kantong plastik dan air minum untuk instruktur .
lalu pukul 5 sore kami beserta 2 kelompok lain berkumpul di flop dan di berikan ijin untuk melihat pesawat dan masuk ke dalam pesawat Asalkan harus di temani oleh Senior.
sekitar 30 menit kami melihat - lihat pesawat, kokpit dan bertanya-tanya. lalu setelah itu kami pun berbaris untuk Apel sore, bergabung dengan Taruna angkatan 64 dan 65.
Tanggal 02 Desember 2012, saya kembali ke STPI lagi untuk mengikuti Tes Bakat Terbang yang di haruskan bagi setiap peserta untuk tinggal di Asrama STPI selama satu minggu.
saya bersama teman-teman saya berkumpul di depan gedung Bagian Administrasi Akademik, kami pun harus menitipkan Alat komunikasi kami ke Panitia STPI sebelum masuk kedalam lingkungan Asrama. Kami berbaris dan berjalan menuju ke gerbang asrama, kami disambut oleh Pembina ketarunaan dgn omelan yaaa maklum lah kami berjalan asal-asalan, klemar-klemer. haha. . ..
kemudian kami dipandu untuk masuk ke lingkungan asrama, suasananya cukup sepi saat itu, lalu kami memasuki kamar yang sudah di tentukan. satu kamar berisi 6 orang.
pukul 07.00 kami diberi makan malam dan beberapa info tentang STPI, Peraturan saat makan, dll.
sebelum mengambil makanan harus hormat ke Lambang STPI dulu, terus Kalau makan jgn berisik, harus Cepet, jangan ngobrol, posisi badan harus tegap dan harus habis.
Selesai Makan malam kami kembali ke Asramah kami masing-masing, kami belajar dan menghafalkan kembali checklist dan transisi. pukul 10 malam, kami diharuskan tidur .
jam 04.00 Kami harus bangun, cuci muka dan bersiap untuk Olahraga Pagi.
kalau mau Tes Bakat Terbang Bawa Sepatu olahraga, Baju dan celana training.
olahraga paginya cuma pemanasan dan push up doang ko..
setelah itu kami kembali ke asramah untuk mandi, sholat dan bersiap-siap ke Hanggar, tetapi sebelum itu kami sarapan pagi dulu pastinya.
skip => tanggal 04 Desember 2012
dua hari saya tidak mendapatkan jadwal terbang membuat saya frustasi, dan di hari rabu sesampainya kami di Hanggar, Danton kami mengumumkan beberapa orang yang akan terbang Hari ini, dan nama saya pun disebut! waduhh saya langsung panik.
saat itu saya dijadwalkan terbang saat "Rest Periode : 05.00-06.00 GMT " sekitar pukul 11.30 WIB. dengan Ka Bayu sebagai Instruktur menggunakan pesawat PK-AEC (warrior), saya langsung menghafal lagi semua transisi dan checklist . dan kemudian Danton kami mengumumkan kembali bahwa saya tidak jadi terbang saat "Rest Periode" tetapi di "Periode 5 : 06.30-07.30 GMT" sekitar jam 1 siang WIB dengan instruktur dan pesawat yg sama.
saya sangat kecewa saat itu, karena sampai matahari tenggelam pun saya tidak jadi terbang, karena Instruktur saya tidak ada. :(
Tanggal 05 Desember 2012
Saya mendapat jadwal terbang lagi hari itu dengan
pesawat ED (echo delta) di periode ketiga dengan instruktur ka bayu lagi,
tetapi pada saat saya laporan dengan dia, ka bayu tidak bisa terbang lagi
karena merasa capek, kemudian ka bayu meminta indtuktur lain untuk
menggantikannya. Alhamdulilah saya terbang dengan instruktur Bang Nickoda
dengan pesawat EE (echo echo). Saya sangat grogi saat bang nickoda mulai masuk
ke kokpit, lalu saya menawarkan untuk membaca Check List tidak semua Checklist
say abaca, karena ada salah satu instrument yg saya lupa. Hehehe. . .
. Lalu bang nickoda yg mengambil penuh
kokpit kemudian ia menyalakan mesin, tetapi ada satu kesalahan yang saat itu
saya buat, saya lupa untuk mengubah Fuel
Selector ke kanan dan karna itu pada saat Break di lepas, mesin pun mati kembali, Tolol sekali saya ini. Dan
saya mendengar Bang Nickoda bilang “Bego” dengan nada yg pelan. Lalu ia yang
menyalakan ulang mesin kemudian melakukan Taxi,
bang nickoda menyuruh saya untuk Taxi
dan setelah saya memegang kendali ternyata sangat berat sekali, pesawat
berbelok ke kanan terus dan control rudder yang ada di kaki saya sangat
keras sekali untuk di injak, lalu saya sadari pintu kanan pesawa sengaja dibuka
oleh bang nickoda agar pesawat sulit dikendalika saat Taxi.
Sebelum kami memasuki Runway bang Nickoda memberikan arahan “mas nanti kalo udah di Runway rem nya jangan sampe di injek
yah” saya jawab “Siap Pak!”, kemudian pesawat kami mulai melaju di Runway Dengan Kecepatan 40 Knot, Bang
Nickoda kembali memberitahu saya “Nanti kalau udah 70 kamu Unstick yahh”,
saya jawab “ Siap Pak” dan lagi-lagi saya melakukan kesalah kembali, ketika
pesawat melaju dengan kecepatan 40,50,60 dan ketika tepat 70 knot saya,
melepaskan tangan saya dari Control,
bang Nickoda langsung menyuruh saya kembali memegang Control dan menariknya. Haduhhh…… jujur saja, saya saat itu tidak
mengerti apa itu Unstick.
Berada di ketinggian 2000 feet Bang Nickoda mulai menyerahkan Control Kepada saya, saya di suruh untuk melakukan Cruise-to-Climb ke 3000 feet langsung saja saya menjawab “siap Cruise-to-Climb Target attitude 3000 feet” dan membaca transisi untuk Cruise-to-Climb. Lalu kami mulai Heading 360o, Turn right/left Heading dengan target 30o, rate one turn left/right, yawing, rolling, transition dan yang cukup sulit untuk saya yaitu Straight-and-level yaitu menerbangkan pesawat dengan posisi lurus tanpa naik,turun dan belok-belok, kadang-kadang saya disuruh tidak melihat Instrument di Kokpit, dan harus melihat ke Horizon yaitu seperti garis yang horizontal antara langit dan daratan. Saya juga membuat kesalahan lagi saat bang nickoda menginstuksikan saya untuk Rate one Turn saya menjawab “siap Pak!” kemudian bang Nickoda ngomong gini “jangan panggil Pak dong, keliatannya gue tua amat, Mas aja”, haduhhh…… bener-bener Grogi dan Tegang saat di atas bersama FI (flight instruktur) saya tidak berani Tersenyum dan nengok mukanya.
Selama terbang, bang Nickoda selalu mengajak saya untuk mengobrol, menanyakan asal, tempat tinggal, disaat terbang pun bang Nickoda malah mengobrol dengan Instruktur lain yang sedang terbang pula, bang Nickoda juga menceritakan asal usulnya sebelum sekolah di STPI, “Bapak saya dulu itu Petani mas, saat saya daftar di STPI, tp buktinya saya bisa jadi Pilot” saya hanya diam Mendengarkan, sekalinya saya jawab “siap” saja.
Berada di ketinggian 2000 feet Bang Nickoda mulai menyerahkan Control Kepada saya, saya di suruh untuk melakukan Cruise-to-Climb ke 3000 feet langsung saja saya menjawab “siap Cruise-to-Climb Target attitude 3000 feet” dan membaca transisi untuk Cruise-to-Climb. Lalu kami mulai Heading 360o, Turn right/left Heading dengan target 30o, rate one turn left/right, yawing, rolling, transition dan yang cukup sulit untuk saya yaitu Straight-and-level yaitu menerbangkan pesawat dengan posisi lurus tanpa naik,turun dan belok-belok, kadang-kadang saya disuruh tidak melihat Instrument di Kokpit, dan harus melihat ke Horizon yaitu seperti garis yang horizontal antara langit dan daratan. Saya juga membuat kesalahan lagi saat bang nickoda menginstuksikan saya untuk Rate one Turn saya menjawab “siap Pak!” kemudian bang Nickoda ngomong gini “jangan panggil Pak dong, keliatannya gue tua amat, Mas aja”, haduhhh…… bener-bener Grogi dan Tegang saat di atas bersama FI (flight instruktur) saya tidak berani Tersenyum dan nengok mukanya.
Selama terbang, bang Nickoda selalu mengajak saya untuk mengobrol, menanyakan asal, tempat tinggal, disaat terbang pun bang Nickoda malah mengobrol dengan Instruktur lain yang sedang terbang pula, bang Nickoda juga menceritakan asal usulnya sebelum sekolah di STPI, “Bapak saya dulu itu Petani mas, saat saya daftar di STPI, tp buktinya saya bisa jadi Pilot” saya hanya diam Mendengarkan, sekalinya saya jawab “siap” saja.
Sekitar satu jam saya terbang dengan Bang
Nickoda, dan ketika hendak Landing saya sangat takut sebenarnya apalagi kalo
pesawatnya masuk ke dalam awan dan terjadi sedikit turbulensi , ketika akan Landing
Bang Nickoda menyuruh saya hanya memegang Control
dan Mengikutinya saja, setelah Landing
pun saya disuruh untuk Taxi Kembali
sampai di Apron, walaupun ketika Taxi saya tukut nabrak pesawat lain yg
sedang di parkir. Hehehe. . . . . sampai pesawatnya Berhenti dan mesin
dimatikan Bang Nickoda bertanya “enak kan terbang ?” dan saya hanya bilang “Siap!
Enak Mas, Makasih Mas” dan kemudian bang nickoda pergi kembali ke flop.
Tanggal 07 Desember 2012
Pagi setelah Sarapan, Panitia penyelenggara
mengumumkan bahwa yang sudah Terbang dua kali diperbolehkan pulang, tinggal
tersisa 4 orang yang belum terbang dua kali, bahkan adapula yg belum terbang
sama sekali. Kami berempat langsung bergegas ke Hanggar sedangkan yang lain sibuk bersiap pulang. Sesampainnya di Hanggar kami berempat langsung
mendapatkan Jadwal terbang.
Saya pun mendapat jadwal terbang dengan Mas Dida
dengan pesawat EC (echo charly) sekitar pukul 8 pagi saya langsung laporan ke
mas Dida dengan kaka Taruna yg ingin Terbang dengan Mas Dida juga. Tetapi pada
saat itu Mas Dida Berencana ingin Pergi ke Bandung dengan instruktur lain
menggunakan Helicopter, saya hanya bisa pasrah saja, soalnya kalo Mas Dida gak
ada, artinnya saya harus nunggu ampe selesai sholat juma’at atau ga besoknya
lagi.
dan syukur alhamdulilah mas Dida gak jadi pergi, dan siap terbang dengan saya di periode kedua. Selama terbang dengan Mas Dida saya tidak diperbolehkan menyentuh apapun sebelum dia menyuruhnya. Saya hanya diam dengan badan tegak lurus, mendengarkan Mas Dida yang sedang contek dengan Air Traffic Control (ATC), dengan suara yang kurang jelas, bercampur gemuruh angin dan comunikasi lain yg bertabrakan, berbeda saat terbang dengan Bang Nickoda. Sesampainya di ketinggian 2000 feet Mas dida bilang “you have control” karena suara yg terdengar kurang jelas saya diam saja, lalu dia mengulangi lagi dengan lebih keras, dan saya menjawab “I have control”. Saat saya terbang dengan mas dida, dia menyuruh saya untuk climbing dan yang saya belum bisa yaitu Straight and Level tanpa harus melihat ke Instrument, pesawat yg saya terbangkan terombang ambing, belak-belok, naik turun, saya pun kena omel ama Mas Dida, jujur saja saya sangat DOWN setelah itu, saya kehilangan konsentrasi dan perhatian saya terhadap suara Mas dida, kadang apa yang dia Instruksikan tidak saya jawab/lakukan karena saya tidak mendengarnya. Beberapa Binatang pun kadang muncul dari mulutnya L.
saya mohon maaf untuk penerbangan kedua , saya tidak ceritakan karena banyaknya kesalahan yang saya lakuin di penerbangan itu. Saya mohon maaf.
Saran : dan syukur alhamdulilah mas Dida gak jadi pergi, dan siap terbang dengan saya di periode kedua. Selama terbang dengan Mas Dida saya tidak diperbolehkan menyentuh apapun sebelum dia menyuruhnya. Saya hanya diam dengan badan tegak lurus, mendengarkan Mas Dida yang sedang contek dengan Air Traffic Control (ATC), dengan suara yang kurang jelas, bercampur gemuruh angin dan comunikasi lain yg bertabrakan, berbeda saat terbang dengan Bang Nickoda. Sesampainya di ketinggian 2000 feet Mas dida bilang “you have control” karena suara yg terdengar kurang jelas saya diam saja, lalu dia mengulangi lagi dengan lebih keras, dan saya menjawab “I have control”. Saat saya terbang dengan mas dida, dia menyuruh saya untuk climbing dan yang saya belum bisa yaitu Straight and Level tanpa harus melihat ke Instrument, pesawat yg saya terbangkan terombang ambing, belak-belok, naik turun, saya pun kena omel ama Mas Dida, jujur saja saya sangat DOWN setelah itu, saya kehilangan konsentrasi dan perhatian saya terhadap suara Mas dida, kadang apa yang dia Instruksikan tidak saya jawab/lakukan karena saya tidak mendengarnya. Beberapa Binatang pun kadang muncul dari mulutnya L.
saya mohon maaf untuk penerbangan kedua , saya tidak ceritakan karena banyaknya kesalahan yang saya lakuin di penerbangan itu. Saya mohon maaf.
-
Sebelum tes bakat terbang dimulai persiapkan diri
sematang mungkin.
-
Jangan meremehkan
-
Saat berbicara dengan FI, diawali kata “Siap!”
-
Ijin untuk Cokpit Drill dahulu sebelum terbang
-
Hafalkan checklist
dan transisi
-
Pelajari lagi modul yang diberikan
-
JANGAN SEPERTI
SAYA YAHHHH
saya sangat kurang menikmati untuk terbang yang kedua, saya semakin pesimis tentang Hasil STPI, saya pun kurang yakin akan pengumuman nanti, walaupun sampai sekarang belum ada pengumuman apapun dari STPI.
peserta tes bakat terbang periode pertama |
bersama teman satu kamar |
bersama peserta lain |
pada saat makan malam |
Pada saat makan malam |
Mingkin hanya ini yang bisa saya share, semoga
saja menjadi pelajaran yang bisa diambil oleh teman-teman yang mau Daftar STPI
sebagai Pilot.
SEMANGAT….
atma, gue martin tmn loo kmrn tes bakat, inget kga ? haha sukseslah buat kita bro berdoa yg penting udah lakuin yg terbaik aja o:)
ReplyDeletegua inget,..gua inget Martin Goller kan ?
Deletehaha. . . . iya bro, tapi lama bgt nihh pengumumannya..
siap bener banget, iyaa berdoa trus dan yakin pasti lolos broo hehehe
DeleteAlhamdulilah Kita Berdua LULUS tin ..... :D
Deletelu udah dpt suratnya belum tin ?
Assalamualaikum ...Bang Atma, skr dh smester kbrp di STPI ? Sy mau tau byk pengalaman bang Atma selama di STPI.. sy tinggal di Jl. Raya Plp curug, STPI... sy ingin jadi Penerbang jga Bang atma.. mohon bantuannya ya bang.. Terima kasih.. wassalmualaikum wr.wb
DeleteAssalamualaikum ...Bang Atma, skr dh smester kbrp di STPI ? Sy mau tau byk pengalaman bang Atma selama di STPI.. sy tinggal di Jl. Raya Plp curug, STPI... sy ingin jadi Penerbang jga Bang atma.. mohon bantuannya ya bang.. Terima kasih.. wassalmualaikum wr.wb
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletewah hingga tanggal 24 maret 2013 ini pengumuman final diterima/tidak blm keluar ya? lama banget ya tahap penerimaan STPI Curug ini -.-
ReplyDeleteOya mas kenal Dedy Pratama gak? dia ikut seleksi STPI Curug juga
Akhirnya Pengumumannya pun keluar tanggal 27 maret lalu...
Deleteyaaaa bgtu lahhh...
wahh saya kurang tahu tuh, dia Penerbang juga ?
bro lolos stpi kan?? ngomong ngomong hobby hiking juga nih?? sabtu bawa tas carrier gausah koper yok hahaha
Deletewahh saya nya engga punya Tas Carrier, itu pny teen saya . hehe. . .
Deletebawa koper aja gua mah..
Zulfikar salam kenal yahh
anjirr kereen maa calon pilot siaa ! hahaha. GOOD LUCK eaaa ma ?! hahaha
ReplyDeleteKalo di asrama boleh bawa hp engga? Terus kalo cewe rambutnya harus pendek ya?
ReplyDeleteengga boleh untuk tahun pertama.
Deleteiyaa harus pendek, atau pake krudung
permisi mas bertanya....
ReplyDeleteTes TPA STPI apakah seperti model TPA SBMPTN atau TPAnya yg ada materi SAINS (Matematika ,b.inggris,fisika)??"
suwun...
yaapppp,, sama aja kok sama yg km sebut
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteWAH SUCCSES ya buat kalian...
ReplyDeletesayang ya biayanya MAHAL benar!! ^^
di swasta lebih mahal lagi gan
Deletegan bener tuh sampe 45jt? biaya keseluruhan...
ReplyDelete"Status Sekolah Kedinasan dan Biaya Pendidikan
DeleteBiaya perkuliahan sepenuhnya ditanggung oleh mahasiswa. Biaya pendidikan sekolah pilot di STPI Curug relatif murah, berkisar Rp 45.000.000,- "
"relatif cukup murah" hahahaha ironis bgt buat w
@http://www.lintasberita.web.id/info-lengkap-pendaftaran-stpi-curug-2013/
dokan saya akan menyuusl :
ReplyDeleteaminnnn,semangat !!
Deletemudah-mudahan bisa masuk ke sekolah favorit ini <>
ReplyDeleteAminnn...
Deleteyg penting sudah mencoba
Gan kalau boleh tau biaya per semesternya berapa?
ReplyDeletelihat aja di blog gua ada kok rinciannya
DeleteKak kalo pake jilbab bs gk?
ReplyDeletekalo untuk jurusan Penerbang sepertinya tidak bisa dek
DeleteMas, pendaftaran stpi tahun 2016 kapan ya mas ?
ReplyDeletemaaf, saya belum tahu.
Deletecoba kunjungi website resmi STPI saja
pendaftaran 2015 sudah lewat ya mas?
ReplyDeleteiyaa sudah lewat mas
DeleteBang mau tanya dong.. Saya tertarik untuk jadi pilot,tapi saya dari jurusan ips dan sekarang sudah jadi sarjana ekonomi. Apa bisa jadi seorang penerbang dan apakah gelar sarjana saya merupakan point plus?
ReplyDeleteAdakah email agar bisa kontek lagi bang?terimakasih :)
apakah usia mas masih masuk ?
Deletebisa, coba aja untuk mendaftar, tp setau saya jurusan penerbang tidak menerima jurusan IPS
gelar bisa membantu saat proses penerimaan,tp saat udah pendidikan tidak
bang, numpang tanya. mulai efektiv blajarnya kpan? dan untuk pembyarannya, dibayar per semester atau langsung lunas? thanks sblumnya. salam kenal
ReplyDeletetanggal 19 kemarin Taruna baru mulai sudah mulai belajar.
Deletedi bayar per semester
yapp
Do'akan saya ya kak, smoga bsa nyusul kakak, walaupun saya masih kelas 3 smp tpi smangat kakak membuat saya termotivasi
ReplyDeleteBaguss semangat !!!!
DeleteDo'akan saya ya kak, smoga bsa nyusul kakak, walaupun saya masih kelas 3 smp tpi smangat kakak membuat saya termotivasi
ReplyDeletesemangattt dek,!
DeleteKak 2016 stpi buka jurusan penerbang tidak? Oiya kalo cewe penerbang angkatannya kaka brp orang? Terimakasih
ReplyDeleteuntuk tahun ini tidak buka, angkatan saya cuma 3 orang, terus angkatan dibawah saya cuma 1 orang
DeleteDoakan saya kak, saya juga mau masuk STPI (y) ingin mengikuti jejak saudara saya Penerbang 58. hehehe
ReplyDeletesiapp, semoga bisa mengikuti jejek sodaranya. SEMANGATTTT
Deletemas apa tahun 2016 stpi tidak menerima smk penerbangan ya? terimakassih
ReplyDeleteiyaa, untuk tahun ini stpi ga buka jur penerbang
DeleteBang saya kan minat masuk penerbangan itu baru2 ini kan yahh,, minta saran dong bang buat saya yang baru2 ini dan apa aja dasar yang harus diketahui sebelum msk sekolah penerbangan..
ReplyDeleteApa ada kata terlambat? Dan b. Inggris saya terbilang masih lemah.. saya sendiri sih lulusan ipa bang. Terima kasih
gak ada kata terlambat, ya saran saya sih kamu pelajari lagi pelajaran waktu SMA, seperti MTK, B.Inggris, IPA,
Deletekalau km kurang dalam b.inggris, kamu harus pelajari lebih dalam lagi. SEMANGAATTT
Katanya untuk biaya stpi 2017 udah ga ada lagi subsidi dari pemerintah ya kak?
ReplyDeletewahh saya kurang tau untuk yg tahun 2017
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAssalamualikum bang utk tahun 2017 STPI buka jurusan penerbang ngga?
ReplyDeletewalaikum salam ..
Deletewaduh gua blm tau bro, tp menurut gua sih 2018
kaa mau nanya.. nilai UN untuk masuk stpi gimana? yg diliat MTK,bing sama fisika aja ya? makasihh
ReplyDeleteNilai UN ngaruhnya pas wawancara, kadang ada pewawancara yg nanya juga soalnya.
Deleteyg penting km lulus dr SMA, terus bisa mengerjakan semua soal pas Tes Akademiknya
Mas itu biasanya pas makan lauknya apa ya, soalnya saya susah makan, makasi mas
ReplyDeletemacem macem kok mas, tiap hari berbeda, dan pastinya enak
DeleteAssalamualaikum bang ,klo jurusan penerbang diadakan brp tahun skli ya?tahun 2020/2021 ada gk ya? Semoga nasib saya sama kyk abg aminn..
ReplyDeletewalaikum salam.
Deleteinsyaallah ada dek
Mas atma
ReplyDeleteSaya kan punya keinginan untuk menjadi penerbang
Saya masih duduk di bangku sma kelas 3
Kira-kira persiapan apa yang harus saya lakukan sebelum mengikuti tes nya mas?
yaaa persiapin semuanya, dari akademik, fisik dan mental dek
Deletebahasa inggris di lancarin lg.
sering olahraga, push up dan lari terutama
Ok mas
DeleteMakasih atas infonya mas
Ok mas
DeleteMakasih atas infonya mas
Mau nanya mas atma. Tes stpi dari mulai tahap pertama sampai pengumuman tahap akhir itu berapa lama ya?
ReplyDeletemas kalau matematika sama fisika untuk tes akademiknya sulit ga sih mas?
ReplyDeleteMas mau nanya, jurusan IPS bisa masuk gk? Trs katanya salah satu syarat kesehatannya gigi gk blh bolong, itu bnr mas? Saya bisa jg tentang pelajaran fisika tapi keganjar jurusan aj. Sukses trs mas.
ReplyDelete